SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD NEGERI 03 KOTA MUKMUKO
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
IV
Semester :
2 (dua)
Standar
Kompetensi : 7. Memahami gaya dapat
mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
Kompetensi Dasar
7.1
Menyimpulkan
hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu
benda
Materi Pokok dan Uraian Materi
GAYA
Gaya
Mempengaruhi Bentuk Benda
Pengalaman Belajar
o Melakukan kegiatan 7.1 s.d 7.4
o Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa benda dapat
menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Dan benda bergerak menjadi:
- diam
- begerak makin cepat
- berubah arah
o
Melakukan
kegiatan 7.5
o
Menarik
kesimpulan dari kegiatan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda
o
Memberikan
beberapa contoh gaya yang mempengaruhi betuk benda.
Indikator Pencapaian Kompetensi
o Membuat daftar berbagai gerak benda.
o Mendemonstrasikan cara menggerakkan
benda, misalnya didorong dan dilempar.
o Mengidentifikasi faktor yang
mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di
lantai yang datar karena dorongan.
o Memberi contoh dalam kehidupan
sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.
Penilaian
Jenis Tagihan
Tugas Individu
dan kelompok
Bentuk Instrumen
Laporan
Uraian Objektif
Contoh
Instrumen
Kegiatan 7.1
Hlm.136
Kegiatan 7.2
Hlm.137
Tugas 7.1
Hlm.138
Kegiatan 7.3
Hlm.139
Kegiatan 7.4
Hlm.140
Alokasi
Waktu
2X35 MENIT
Sumber/
Bahan/ Alat
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas IV
Alat:
-
Bola, kelerang,
meja guru, berbagai benda yang bergerak, dinding sekolah,balon,kaleng
minuman,gelas agua,batu bata,palu/martel
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 03 Kota Mukomuko
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester : IV/2
Materi Pokok :
Gaya
waktu :
2 x 35 menit
Metode :
CTL, Ceramah
A. Standar
Kompetensi
7. Memahami
gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
B. Kompetensi
Dasar
7.2 hasil
Menyimpulkan percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk
suatu benda
C. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda
- Siswa dapat Memberikan beberapa contoh gaya yang mempengaruhi betuk benda.
&
Karakter
siswa yang diharapkan
Disiplin
( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
) Dan Ketelitian ( carefulness)
D. Materi
Essensial
Gaya Mempengaruhi Bentuk Benda
E. Media
Belajar
o
Buku SAINS SD Relevan Kelas IV
o
Bola,
kelerang, balon, kaleng, gelas atau botol,batu bata, palu berbagai benda yang
bergerak, dinding sekolah
F. Rincian
Kegiatan Pembelajaran Siswa
Apersepsi dan Motivasi :
Pernahkah anak-anak dalam kehidupan
sehari-hari melihat benda s
eperti ,bola,kelereng,balon,kaleng,gelas,botol
agua,palu,meja,mobil.
o
Menyampaikan Indikator dan kompetensi
yang diharapkan.
o
Memahami kembali peta konsep tentang
gaya.
|
(5 menit)
|
v
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø
Siswa dapat Memberikan contoh gaya yang
mempengaruhi bentuk benda;
-
Kaleng di pukul dengan palu
-
Kaleng yang diketuk ke tembok
-
Batu bata yang dibanting
Ø
melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Ø
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di depan kelas
v
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø
membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø
memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
Ø
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø
memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø
memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
Ø
memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø
Menjawab Uji Kompetensi
Ø
Menjawab Latihan soal
v
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
Ø
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
Ø
Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
o
Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat
mengubah bentuk benda
|
(5 menit)
|
|
G.
Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Memberi
contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak
benda.
|
Tugas Individu dan
Kelompok
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Sebutkanlah contoh dalam kehidupan sehari-hari cara
gaya mengubah bentuk atau gerak benda.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil
diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
|
M.ALPIN.M
|
||||||
2.
|
M.ARIF.D
|
||||||
3.
|
PREDI
|
||||||
4.
|
ILHAM ABADI
|
||||||
5.
|
ANGGA
|
||||||
6.
|
PRISKO
|
||||||
7.
|
JAKA
|
||||||
8.
|
PETRIO
|
||||||
9.
|
RAHMAN
|
||||||
10.
|
ALAQNA
|
||||||
11.
|
SHAZA
|
||||||
12.
|
NINDIA
|
||||||
13.
|
ILNA
|
||||||
14.
|
IFANI
|
||||||
15.
|
MELSI
|
||||||
16.
|
SALWA
|
||||||
17.
|
CIKHA
|
||||||
18.
|
NURUL
|
||||||
19.
|
YULIA
|
||||||
20.
|
OLIVIA
|
||||||
21.
|
PUTRI
|
||||||
22.
|
DIANA
|
||||||
23.
|
PEBRIZA
|
||||||
24.
|
SANIA
|
||||||
25.
|
WAHYU
|
||||||
26.
|
SALSABILA
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
@
Mengetahui
|
Mukomuko
,05 Desember 2012
|
Ka. SD Negeri 03
Kota Mukomuko
|
Guru Kelas IV
|
RASILI HARDIAANTO,SPd.
|
RASILI HARDIANTO,S.Pd.
|
NIP 19711201
199311 1002
|
NIP 19711201
199311 1002
|
Materi Pembelajaran:
Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda
1. Pengertian Gaya dan Satuannya
Gerakan menarik atau mendorong itu dalam IPA disebut gaya. Jadi gaya dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk. Gaya tidak dapat dilihat tetapi pengaruhnya dapat dirasakan. Gaya tidak sama dengan tenaga (energi) meskipun keduanya saling berhubungan. Gaya juga dilakukan hewan atau mesin, misalnya sapi menarik gerobak dan lokomotif kereta api menarik rangkaian gerbong. Satuan gaya adalah newton.
2. Macam-macam Gaya
Gaya dapat dibagi menjadi beberapa macam, antara lain: Gaya otot, yaitu gaya yang dihasilkan oleh otot, misalnya tangan meremas benda. Gaya pegas, yaitu gaya yang dihasilkan oleh pegas, misalnya anak panah meluncur karena adanya pegas busur panah. Gaya magnet, yaitu gaya yang dihasilkan oleh magnet, misalnya dinamo sepeda. Gaya gesek, yaitu gaya karena adanya gesekan dua benda, misalnya ban kendaraan bergesekan dengan permukaan jalan. Gaya gravitasi, yaitu gaya tarik bumi, misalnya buku yang jatuh ke lantai.
3. Pengaruh Gaya terhadap Gerak Suatu Benda
Gaya dapat mengubah gerak suatu benda. Suatu benda dikatakan bergerak bila benda tersebut berubah posisi atau berubah tempatnya terhadap suatu titik acuan. Benda yang mula-mula diam bisa berubah menjadi bergerak setelah mendapatkan gaya. Benda yang sedang bergerak apabila mendapatkan gaya dapat mengakibatkan perubahan arah gerak benda.