Senin, 10 Desember 2012

MODUL IPA KELAS IV ( GAYA )


SILABUS PEMBELAJARAN


Nama Sekolah              : SD NEGERI 03 KOTA MUKMUKO
Mata Pelajaran                 : IPA
Kelas/Program                : IV
Semester                         : 2 (dua)
Standar Kompetensi     : 7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda

Kompetensi Dasar
7.1            Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda

Materi Pokok dan Uraian Materi
GAYA

Gaya Mempengaruhi Bentuk Benda

Pengalaman Belajar
o  Melakukan kegiatan 7.1 s.d 7.4

o  Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa benda dapat menyebabkan benda diam menjadi bergerak. Dan benda bergerak menjadi:
-  diam
-  begerak makin cepat
-  berubah arah
o   Melakukan kegiatan 7.5

o   Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda

o   Memberikan beberapa contoh gaya yang mempengaruhi betuk benda.


Indikator Pencapaian Kompetensi
o  Membuat daftar berbagai gerak benda.

o  Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.

o  Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.

o  Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.

Penilaian
Jenis Tagihan
Tugas Individu
dan kelompok
 
  Bentuk Instrumen
  Laporan

Uraian Objektif

Contoh Instrumen
Kegiatan 7.1
Hlm.136

Kegiatan 7.2
Hlm.137

Tugas 7.1
Hlm.138

Kegiatan 7.3
Hlm.139

Kegiatan 7.4
Hlm.140

Alokasi Waktu
2X35 MENIT

Sumber/ Bahan/ Alat
Sumber:
Buku SAINS SD
 Kelas IV

Alat:
-  Bola, kelerang, meja guru, berbagai benda yang bergerak, dinding sekolah,balon,kaleng minuman,gelas agua,batu bata,palu/martel









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :   SD Negeri 03 Kota Mukomuko
Mata Pelajaran          :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester        :   IV/2
Materi Pokok             :   Gaya
waktu                           :   2 x 35 menit
Metode                        :   CTL, Ceramah

A.   Standar Kompetensi
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda
B.   Kompetensi Dasar
7.2 hasil Menyimpulkan percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda
C.   Tujuan Pembelajaran
  • Siswa dapat Menarik kesimpulan dari kegiatan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda
  • Siswa dapat Memberikan beberapa contoh gaya yang mempengaruhi betuk benda.
& Karakter siswa yang diharapkan
Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun             ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
D.   Materi Essensial
Gaya Mempengaruhi Bentuk Benda
E.   Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV
o   Bola, kelerang, balon, kaleng, gelas atau botol,batu bata, palu berbagai benda yang bergerak, dinding sekolah




F.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
Pernahkah anak-anak dalam kehidupan sehari-hari melihat benda  s eperti   ,bola,kelereng,balon,kaleng,gelas,botol agua,palu,meja,mobil.
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
o   Memahami kembali peta konsep tentang gaya.

(5 menit)
  1. Kegiatan Inti
v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Siswa dapat Memberikan contoh gaya yang mempengaruhi bentuk benda;
-   Kaleng di pukul dengan palu
-   Kaleng yang diketuk ke tembok
-   Batu bata yang dibanting
Ø  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Ø  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di depan kelas
v  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
Ø  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
Ø  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø  Menjawab Uji Kompetensi
Ø  Menjawab Latihan soal
v  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

(50 menit)
  1. Penutup
o   Menarik kesimpulan bahwa gaya dapat mengubah bentuk benda

(5 menit)
  1. Pekerjaan Rumah



G.   Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.

Tugas Individu dan
Kelompok





Laporan

Uraian Objektif

o  Sebutkanlah  contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1









&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.     
M.ALPIN.M






2.     
M.ARIF.D






3.     
PREDI






4.     
ILHAM ABADI






5.     
ANGGA






6.     
PRISKO






7.     
JAKA






8.     
PETRIO






9.     
RAHMAN






10.  
ALAQNA






11.  
SHAZA






12.  
NINDIA






13.  
ILNA






14.  
IFANI






15.  
MELSI






16.  
SALWA






17.  
CIKHA






18.  
NURUL






19.  
YULIA






20.  
OLIVIA






21.  
PUTRI






22.  
DIANA






23.  
PEBRIZA






24.  
SANIA






25.  
WAHYU






26.  
SALSABILA






  CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
@  
Mengetahui
Mukomuko ,05 Desember  2012
Ka. SD Negeri 03 Kota Mukomuko
Guru  Kelas IV





RASILI HARDIAANTO,SPd.
RASILI HARDIANTO,S.Pd.
NIP 19711201 199311 1002
NIP 19711201 199311 1002








 
Materi Pembelajaran:

Gaya Dapat Mengubah Gerak Suatu Benda

1. Pengertian Gaya dan Satuannya

Gerakan menarik atau mendorong itu dalam IPA disebut gaya. Jadi gaya dapat menyebabkan benda bergerak atau berubah bentuk. Gaya tidak dapat dilihat tetapi pengaruhnya dapat dirasakan. Gaya tidak sama dengan tenaga (energi) meskipun keduanya saling berhubungan. Gaya juga dilakukan hewan atau mesin, misalnya sapi menarik gerobak dan lokomotif kereta api menarik rangkaian gerbong. Satuan gaya adalah newton.

2. Macam-macam Gaya

Gaya dapat dibagi menjadi beberapa macam, antara lain: Gaya otot, yaitu gaya yang dihasilkan oleh otot, misalnya tangan meremas benda. Gaya pegas, yaitu gaya yang dihasilkan oleh pegas, misalnya anak panah meluncur karena adanya pegas busur panah. Gaya magnet, yaitu gaya yang dihasilkan oleh magnet, misalnya dinamo sepeda. Gaya gesek, yaitu gaya karena adanya gesekan dua benda, misalnya ban kendaraan bergesekan dengan permukaan jalan. Gaya gravitasi, yaitu gaya tarik bumi, misalnya buku yang jatuh ke lantai.

3. Pengaruh Gaya terhadap Gerak Suatu Benda

Gaya dapat mengubah gerak suatu benda. Suatu benda dikatakan bergerak bila benda tersebut berubah posisi atau berubah tempatnya terhadap suatu titik acuan. Benda yang mula-mula diam bisa berubah menjadi bergerak setelah mendapatkan gaya. Benda yang sedang bergerak apabila mendapatkan gaya dapat mengakibatkan perubahan arah gerak benda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar